Pesawat pertama indonesia - Dakota RI 001 seulawah


Pesawat Dakota RI-001 Seulawah merupakan pesawat pertama yang dimiliki oleh Negara indonesia. Pesawat yang memiliki panjang badan 19,67 meter dan rentang sayap 28.96 meter ini ditenagai dua mesin Pratt & Whitney berbobot 8.030 kg. Pesawat ini merupakan hasil sumbangan rakyat aceh untuk pemerintah indonesia dalam waktu dua hari masyarakat Aceh berhasil mengumpulkan uang 130.000 straits dollar, lalu digunakan untuk membeli pesawat Dakota RI-001 Seulawah. 

usaha dan perjuangan para pahlawan bukan hanya selesai setelah mencapai kemerdekaan. setelah merdeka di usia nya yang belia indonesia masih harus berjuang untuk mendirikan kedaulatan bangsa ini, Termasuk aceh. Aceh merupakan sebuah daerah yang cukup berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan dan pembangunan bangsa. Ini dibuktikan dengan adanya beberapa pahlawan nasional yang berasal dari aceh.

Pesawat pertama indonesia


Tidak hanya itu. Semua masyarakat Aceh waktu itu ikut menyumbang kan harta pikiran dan tenaga untuk negara kesatuan RI. Pesawat pertama yang digunakan oleh presiden indonesia waktu itu masa Ir. Soekarno merupakan hasil sumbangan dari masyarakat aceh sebagai lambang bergabung nya aceh menjadi negara kesatuan RI.

Rasa nasionalisme yang kuat mendorong semua masyarakat aceh waktu itu untuk menyumbangkan harta bendanya baik berupa uang,beras, emas maupun barang lainnya yang kemudian dikumpulkan semuanya   menjadi jumlah yang lumayan banyak dan cukup untuk membeli pesawat dakota yang kemudian diserahkan kepada presiden sukarno.

Pesawat  tersebut kemudian dipergunakan pemerintah mengirim barang, mengirim diplomat, mengangkut pasukan secara cepat dan juga dipakai presiden untuk menjalankan tugas kenegaraan. Kehadiran pesawat ini juga berperan penting dan berhasil membuka jalur penerbangan jawa-sumatra hingga keluar negeri dan pesawat ini juga berhasil menerobos blokade Belanda waktu itu.

Pesawat pertama indonesia dakota RI-001 selawah


Karena Jasa nya yang besar pesawat ini maka dibangun lah sebuah monumen Pesawat RI-001 yang terletak di lapangan blang padang banda aceh.monumen ini diresmikan pada tanggal 29 juli 1984 dan tertera di sebuah batu prasasti yang berada tepat di bawah sayap pesawat. Disana dijelaskan juga bahwa monumen ini dibangun sebagai penghargaan dari TNI angkatan udara kepada rakyat Aceh dalam menegakkan dan mempertahankan kemerdekaan. Ini merupakan monumen replika pesawat RI pertama sedangkan pesawat aslinya tersimpan di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. 

Sember foto ferhatt.com




Silakan tinggalkan komentar anda disini....
Tuangkan Saran, Pendapat, Penyataan maupun Pertanyaan anda...
Contact US