Sejarah Penemuan Listrik Biografi Michael Faraday


Sejarah Penemuan Listrik Biografi Michael Faraday

Sejarah penemuan listrik - Listrik adalah sebuah penemuan yang paling berguna buat kehidupan manusia, bayangkan jika sampai saat ini tidak ada penemuan listrik. pasti hidup kita tidak berbeda dengan kehidupan beberapa abad silam. banyak sekali kegunaan dan manfaat yang bisa kita dapatkan dengan adanya listrik seperti adanya cahaya di malam hari, Adanya televisi, adanya komputer, dan hampir semua peralatan di era teknologi seperti sekarang ini tidak terlepas dari yang namanya listrik.


Siapa yang menemukan listrik? - Ada beberapa pendapat yang menyatakan listrik pertama kali ditemukan oleh Thales. Ia adalah seorang cendikiawan Yunani yang menemukan fenomena dari batu ambar, yaitu arus listrik terjadi ketika batu ambar digosok-gosok akan bisa menarik bulu, tetapi menurut sejarah dan orang yang pantas mendapat julukan sebagai "bapak listrik" adalah Michael Faraday, karena usaha dan penemuannya menjadi sangat berguna dan membawa kebaikan dan kemudian mempengaruhi kehidupan semua orang yang ada didunia. jadi menurut sumber terpercaya orang yang paling berjasa dan yang tercatat sejarah sebagai penemu listrik adalah Michael Faraday.

Untuk mengetahui tentang sejarah ditemukannya listrik, silakan anda baca Biografi Michael Faraday. dalam kisah biografi tokoh penemu listrik ini, ternyata ada sesuatu yang sangat luar biasa yang wajib untuk kita ketahui dan sangat cocok untuk kita jadikan sumber inspirasi dan motivasi kehidupan. mari simak Selengkapnya dibawah ini.
Sejarah Penemuan Listrik, penemu listrik.

Biografi Michael Faraday Tokoh Penemu listrik

Faraday lahir di inggris pada 22 September 1791, di Newington Butts Inggris. Ayah nya seorang tukang besi dan harus memberi makan 10 orang anaknya termasuk faraday. oleh Karena itu tidak heran ayahnya tidak bisa menyekolahkan Faraday dan anak-anaknya yang lain. 

Di umur 14 tahun Faraday sudah membantu keluarganya dengan bekerja di toko buku, faraday banyak membaca bermacam macam buku di tempatnya bekerja, terutama buku tentang fisika kimia dan  buku-buku lain.

Sejarah penemuan listrik

Saat umur 20 tahun, Faraday sering pergi mendengarkan sejumlah ceramah oleh ilmuwan inggris terkenal lain. Diantaranya ialah oleh Sir Humphry Davy yang merupakan ahli kimia dan juga seorang kepala laboratorium dari Royal Institution. 

Setiap ceramah yang di ikuti nya, Faraday selalu membuat suatu catatan dengan teliti kemudian menyalin nya lagi. Salinan catatan yang telah ia buat tersebut kemudian ia kirimkan kembali ke Humphry Davy dan tidak lupa dilampirkan pula surat lamaran pekerjaan. singkat cerita faraday diterima oleh Sir Humphry Davy dan diangkat menjadi asisten nya di Lab Universitas yang terkenal di kota London.


Sejarah Penemuan Listrik, Biografi Michael Faraday

Faraday pun mengalami kemajuan yang pesat saat Berada dibawah bimbingannya Davy.  Pada mulanya dia bekerja hanya sebagai pencuci botol saja, tetapi karena gigihnya dalam belajar dalam waktu singkat Faraday berhasil membuat sebuah penemuan baru hasil kreasi sendiri. Penemuannya itu berupa dua senyawa kloro-karbon dan membuat gas klorin seta gas lainnya menjadi cair. 

Karena kepintaran nya itu, Faraday bisa berhubungan dengan ahli-ahli ternama lain seperti Andre Marie Ampere. Ia juga diajak oleh Davy untuk keliling Eropa bersama-sama, ia mulai meningkatkan ilmu pengetahuan teori dan praktis.

Humphry Davy adalah sosok yang memiliki pengaruh besar pada pemikiran-pemikiran Faraday yang menghasilkan penemuan listrik. Pada tahun 1821, Faraday mengemukakan sebuah penemuan pertama yang penting didunia kelistrikan

Dua tahun sebelum itu, Oersted sudah memecahkan bahwa jarum dari kompas magnet umumnya bisa beralih bila aliran listrik mengalir dikawat yang tidak saling menjauhi. Atas temuan tersebut, Faraday membuat doktrin, bila magnet di dekatkan, yang berjalan adalah kawat. dimana kawat bakal secara berkelanjutan memutar berapit dengan magnet selama aliran listrik masih mengalir di kawat.

Faraday menciptakan motor listrik yang pertama didunia, yaitu sebuah rangkaian pertama yang memakai aliran listrik sebagai sumber penggerak benda. tidak dapat dipungkiri penemuan tersebut merupakan cikal bakal atas seluruh motor listrik yang dipakai pada zaman sekarang. 

Semenjak temuannya yang pertama pada tahun 1821, Michael Faraday yang merupakan seorang ilmuwan otodidak, mulai dikenal namanya. Penemuannya tersebut telah diakui menjadi gerbang utama menuju era modern kelistrikan.

Penelitiannya terus berlanjut pada tahun 1831 Faraday mendapati bahwa apabila magnet dilewati potongan kawat, maka aliran listrik masuk ke kawat, yang kemudian magnet nya berjalan. Kondisi tersebut dinamai Pengaruh elektromagnetik. temuannya ini diberi nama “Hukum Faraday”. 

Temuan tersebut merupakan sebuah temuan yang penting dan awal mula sejarah penemuan listrik. karena Hukum Faraday mempunyai makna besar dengan pemahaman teoritis tentang elektromagnetik. dan elektromagnetik dipakai oleh fararaday ketika membuat dinamo listrik untuk pertama kalinya.


Biografi Michael Faraday, penemu listrik

Karakter seorang penemu listrik yang merupakan salah satu pengukir sejarah dunia ini dikenal dengan sosok yang sangat sederhana dan beliau menolak pemberian gelar bangsawan oleh kerajaan inggris, dan menolak dijadikan ketua british royal society. Michael Faraday meninggal pada tanggal 25 agustus 1867, dan dikebumikan di Inggris dekat dengan kota London.

Baca juga artikel seru lainnya Sejarah pendirian Facebook,  dan Sejarah penemuan sepeda motor.

Sekian artikel Sejarah penemuan listrik dan biografi Michael faraday semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

Referensi dan sumber bacaan :

http://id.wikipedia.org/wiki/Michael_Faraday
http://elektronikadasar.info/penemu-listrik-pertama-yg-sebenarnya.htm
http://share-all-time.blogspot.com/2014/01/Sejarah-penemuan-listrik-biografi-michael-faraday.html


Silakan tinggalkan komentar anda disini....
Tuangkan Saran, Pendapat, Penyataan maupun Pertanyaan anda...
Contact US