Kenapa langit berwarna biru dan kenapa berwarna kemerahan saat matahari terbit dan terbenam


Mengapa langit berwarna biru - Untuk memahaminya pertama-tama kita perlu memahami sedikit tentang cahaya. Meskipun cahaya dari matahari terlihat putih, tetapi sebenarnya cahaya matahari terdiri dari beberapa paduan warna yang berbeda, seperti yang kita bisa lihat ketika mereka tersebar di pelangi.

Mengapa langit berwarna biru?

Kita bisa memikirkan cahaya sebagai gelombang energi, dan warna yang berbeda semua memiliki panjang gelombang yang berbeda. Ketika cahaya matahari mencapai atmosfer bumi cahaya matahari tersebar, atau dibelokkan, dengan molekul kecil gas (sebagian besar nitrogen dan oksigen) di udara. Karena molekul-molekul ini jauh lebih kecil dari panjang gelombang cahaya tampak, jumlah hamburan tergantung pada panjang gelombang. Efek ini disebut hamburan Rayleigh, dinamai Lord Rayleigh yang pertama kali menemukannya.

Panjang gelombang yang lebih pendek (ungu dan biru) yang tersebar paling kuat, sehingga lebih banyak cahaya biru yang tersebar dan terlihat oleh mata kita dari pada warna lainnya selain itu mata kita jauh lebih sensitif terhadap warna biru. itu lah yang membuat langit berwarna biru

langit berwarna biru, kenapa langit berwarna biru, langit biru

Kenapa berwarna kemerahan saat matahari terbit dan terbenam?

Saat matahari terbit dan terbenam matahari sangat rendah di langit, yang berarti bahwa sinar matahari yang kita lihat telah melakukan perjalanan melalui jumlah yang jauh lebih tebal atmosfer. Karena cahaya biru yang tersebar lebih kuat oleh atmosfer, cenderung tersebar beberapa kali dan dibelokkan menjauh ke arah lain sebelum sampai ke kita. Ini berarti bahwa ada cahaya yang relatif lebih kuning dan merah yang tersisa bagi untuk kita lihat.


Diagram di atas ini menunjukkan ilustrasi sederhana dari efek ini. Seseorang berdiri di posisi A akan melihat siang hari langit biru, karena ada banyak cahaya biru yang tersebar di segala penjuru.

Pada posisi B, itu adalah malam atau matahari terbit. orang yang ada di sini / posisi B, akan melihat matahari terbenam oranye kemerah-merahan karena cahaya biru sebagian besar telah tersebar jauh di arah lain, meninggalkan merah dan kuning.

Lihat juga artikel sebelumnya Pesawat pertama indonesia Dakota RI 001

Warna Cloud cahaya

Ketika ada awan di langit, cahaya juga tersebar oleh tetesan air di dalam awan. Berbeda dengan molekul gas di atmosfer, tetesan air ini adalah tentang ukuran yang sama dengan panjang gelombang cahaya yang berarti bahwa mereka menghamburkan cahaya dengan cara yang berbeda. Alih-alih warna yang berbeda menjadi jumlah yang berbeda, semua cahaya tersebar sama-sama kuat. Oleh karena itu, cahaya yang tersebar dari awan adalah warna yang sama dengan cahaya yang bersinar di atasnya dari matahari - putih.

Bila Anda berada di bawah awan tebal akan tampak warna abu-abu lebih gelap  karena tersebar, dan sebagian besar cahaya yang diserap sebelum dapat turun ke bawah awan. Namun, untuk seseorang yang berdiri lebih jauh atau posisinya tidak tepa di bawah awan, maka awan tersebut tetap terlihat putih bukan berwarna cloud.

Sekian artikel tentang Kenapa langit berwarna biru dan kenapa berwarna kemerahan saat matahari terbit dan terbenam. jika ada yang ingin ditambahkan silakan melalui form komentar dibawah.



Silakan tinggalkan komentar anda disini....
Tuangkan Saran, Pendapat, Penyataan maupun Pertanyaan anda...
Contact US