Sejarah Penemuan Teleskop, Beserta Macam-macam Jenis teleskop.


Sejarah Penemuan Teleskop - Share All Time , Teleskop Merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memungkinkan melihat dan mengamati benda benda yang jauh dari mata agar terlihat lebih dekat, yang tidak memungkinkan untuk kita lihat lebih jelas dengan mata tlanjang. Teleskop merupakan penemuan penting dalam sejarah manusia. Teleskop Berasal dari bahasa yunani yaitu tele yang mempunyai arti jauh dan kata skopien yang mempunyai arti melihat.

Didalam ilmu astronomi Teleskop digunakan Untuk meneliti dan melihat lebih dekat bintang dan planet-planet di luar angkasa, tidak hanya itu masih banyak kegunaan lainnya dari teleskop dalam kehidupan manusia karena Teropong atau teleskop memungkinkan kita untuk melihat benda yang memiliki jarak yang sangat jauh dan memungkinkan kita untuk mengetahui lebih detil terhadap objek tersebut.

Sejarah Penemuan Teleskop dan perkembangannya


Ada Beberapa nama besar yang ikut berperan dalam penemuan dan perkembangan Teleskop, Pada Pada awalnya teleskop dibuat hanya dalam rentang panjang gelombang tampak saja seperti yang dibuat oleh hans lippershey, Cristian huigen, Galileo, Newton, Foucault, Hale, Meinel, dan lainnya, kemudian berkembang ke panjang gelombang radio setelah tahun 1945, dan kini teleskop meliput seluruh spektrum elektromagnetik setelah makin majunya penjelajahan angkasa setelah tahun 1960. Untuk lebih detil lihat pada pembahasan dibawah

1. Hans Lippershey 1570 - 1619

Teleskop pertama kali dibuat pada tahun 1608 oleh ilmuan dari belanda yaitu hans lippershey, teleskop tersebut menggunakan lensa yang membuat objek jarak jauh menjadi terlihat lebih dekat.

2. Galileo Galilei 1564 -1642

Sejarah Penemuan Teleskop, Beserta Macam-macam Jenis teleskop.
Dengan teleskop refraktornya yang terkenal dengan sebutan teleskop Galileo ini pertama kali yang menggunakan teleskop untuk melihat pergerakan dan perubahan benda langit dan untuk melihat venus dan bulan milik jupiter.

3. Christian Huygens 1629-1695

Teleskop Galileo terus disempurnakan oleh ilmuwan lain seperti Christian Huygens yang menemukan Titan, dan satelit Saturnus, yang jaraknya berada hampir 2 kali jarak orbit Bumi dengan Yupiter

4. Johannes Kepler 1571-1630

Perkembangan teleskop juga diimbangi  dengan perkembangan perhitungan gerak benda-benda langit dan hubungan satu dengan yang lain melalui Johannes Kepler yang terkenal dengan Hukum Kepler. 

4. Sir Isaac Newton 1642 - 1727

Sir Isaac Newton merupakan orang yang pertama kali menemukan teleskop pantul, beliau menggunakan kaca cekung untuk memantulkan cahaya.

Setelah itu, Sir Isaac Newton melanjutkan perkembangan perhitungan gerak benda-benda langit  dan menemukan hukum gravitasi. Dengan dua teori perhitungan Hukum kepler beserta hukum gravitasi inilah yang memungkinkan pencarian dan perhitungan benda-benda langit selanjutnya. 

5.William Herschell 1738 - 1822

William Herschell mendirikan teleskop pantul yang sangat besar dan memiliki lubang lensa `120 cm untuk mempelajari objek-objek yang terlihat kabur sebelumnya.

6. Edwin Hubble 1889-1953

mendirikan dan membuat teleskop 2,4 meter untuk menemukan pelebaran alam semesta. dan setelah itu teleskop antariksa Hubble mengorbit bumi dan memberikan pencitraan gambar dari bagian paling jauh dari alam semesta.

Sejarah Penemuan Teleskop, Beserta Macam-macam Jenis teleskop.Sejarah Penemuan Teleskop, Beserta Macam-macam Jenis teleskop.

Macam-macam Jenis Teleskop

Secara garis besar teleskop dibagi menjadi tiga jenis, yaitu teleskop Refraktor atau teleskop bias, yang kedua teleskop Reflektor atau teleskop pantul dan yang ketiga adalah teleskop kombinasinasi antara keduanya.

Teleskop Refraktor atau teleskop Bias

Galileo menggunakan teleskop jenis ini untuk melihat pergerakan bulan dan planet planet di luar angkasa, galileo juga diakui sebagi orang pertama yang membawa teleskop untuk meliat benda benda langit, dengan teleskop refraktor nya dia bisa melihat bulan sampai 30 lebih jelas dari sebelumnya.

Teleskop Refraktor atau teleskop Bias, sejarah penemuan teleskop

Teleskop bias memiliki dua lensa, lensa yang besar berada pada bagian depan teleskop yang berfungsi untuk mengumpulkan cahaya. lensa ini disebut juga dengan lensa obektif, sedangkan lensa yang kedua sedikit lebih kecil dari lensa depan dan berfungsi untuk memfokuskan cahaya kemata, 

Teleskop Reflektor Atau Teleskop Pantul


Teleskop Refraktor atau teleskop Bias, teleskop pantul, sejarah penemuan teleskop

Teleskop pantul atau Reflektor ini memiliki cermin cekung besar untuk mengumpulkan cahaya dan lensa datar kecil untuk memantulkan cahaya kemata. pada tahun 1668 teleskop reflektor pertama kali dibuat oleh isacc newton. dengan menggunakan lensa utama hanya sebesar 7,5 Cm. Teleskop moderen menggunakan lensa yang lebih besar. sebagai contoh teleskop keck yang berada di hawai, teleskop ini memiliki 36 cermin bersisi enam yang digabungkan untuk membuat lensa sepanjang 10 Meter lebih, hasil pencitraan dialihkan dan dapat dilihat pada layar komputer.

Teleskop Catadioptri 

Teleskop Catadioptri  ini memadukan atara lensa dan cermin cekung atau bisa disebut juga teleskop jenis ini merupakan hasil penggabungan antara kedua Jenis Teleskop diatas. Sistem Catadioptri ini bukan hanya digunakan pada teleskop saja namun untuk mikroskop juga menggunakan sistem catadioptri.

Jenis Teleskop Berdasarkan Spektrum Elektromaknetik

Teleskop radio, Submillimetre telescopes, Teleskop inframerah, Teleskop optik, Ultraviolet telescopes, Teleskop sinar-X, Sinar gamma

Teleskop sinar-X, Sinar gamma, teleskop radio, sejarah teleskop radio

Sebenarnya objek luar angkasa hanya bisa dilihat dalam bentuk cahaya redup, karena pengaruh atmosfir bumi yang ikut mengaburkan penglihatan melalui teleskop. ahli astronemi membuat CCD atau Charged Caupled Devices, Selain itu Teleskop Hubble mengorbit diatas atmosfir bumi sehingga cahaya yang dihasilkan lebih jelas, Teleskop Radio, Sinar X, Inframerah dan sinar gamma mengumpulkan jenis radiasi energi lainnya dari galaksi dan bintang yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang.

Untuk sementara Saya rasa cukup sekian pembahasan tentang sejarah penemuan teleskop dan macam-macam jenis teleskop, memang artikel ini belum lengkap, untuk kedepan akan kami lengkapi dan terus dilakukan update. Terima kasih.


Silakan tinggalkan komentar anda disini....
Tuangkan Saran, Pendapat, Penyataan maupun Pertanyaan anda...
Contact US