Sekolah Penerbangan Di Indonesia, Tips Memilih Sekolah Pilot Yang Tepat


Sekolah penerbangan, belajar menjadi pilot - Hampir semua anak indonesia sewaktu kecil pernah punya cita-cita untuk menjadi pilot. namun ternyata untuk tercapainya cita-cita ini tidak lah mudah akibat biaya pendidikan sekolah penerbangan begitu besar, dan minimnya sekolah penerbangan yang ada di indonesia menjadi faktor penyebab dari meroketnya biaya pendidikan. 

Sekolah Penerbangan Di Indonesia

Selain sedikit nya pilihan yang ada ternyata hampir semua sekolah pilot yang ada di negeri kita tercinta ini masih harus kerja sama atau masih ada hubungan dengan beberapa sekolah penerbangan luar negeri, seakan akan sekolah penerbangan yang ada disini seperti ibaratnya kelas jauh sekolah penerbangan yang ada dinegara lain. bahkan hampir semua instruktur dan staf pengajarnya berasal dari luar negeri. ini memberikan bukti bahwasanya penerbangan indonesia masih jauh tertinggal dibelakang.
Sekolah Penerbangan Di Indonesia, Tips Memilih Sekolah Pilot Yang Tepat

Namun walaupun demikian kita wajib bersyukur dan berharap penerbangan indonesia akan terus berkembang untuk kedepannya. Sampai saat ini ada beberapa sekolah penerbangan favorit yang ada di indonesia diantaranya yaitu STPI Curug / Sekolah Tinggi Penebangan Indonesia Curug yang berada dibawah Naungan depertemen kementrian perhubungan Republik Indonesia.

Berhubung ini merupakan sekolah penerbangan langsung di bawah Naungan depertemen kementrian perhubungan maka Untuk lolos seleksi di STPI Curug bukanlah perkara mudah, karena itulah banyak bermunculan sekolah dan lembaga pelatihan penerbangan swasta lain di indonesia. Harga dan biaya yang harus anda keluarkan pun selangit berkisar antara ratusan bahkan miliaran rupiah.

Yang lebih parahnya lagi ada beberapa calon pilot yang tidak selesai dan terpaksa harus pindah ke sekolah penerbangan lain karena mereka salah dalam memilih sekolah penerbangan. pernah ada sekolah penerbangan di indonesia yang yang buka pada tahun-tahun pertama tetapi harus tutup pada tahun setelah nya. 

Dalam kasus ini yang menjadi korban adalah muridnya karena tidak jelas nasibnya dan terpaksa harus pindah kesekolah lain dan harus memulai dari awal lagi, biayanya pun harus bayar full utuh dari pertama. karena itu berhati-hatilah dalam memilih sekolah penerbangan jangan sampai salah pilih, simak pembahasan dibawah tentang beberapa tips yang harus anda perhatikan sebelum memilih sekolah pilot. 

Tips memilih sekolah pilot yang tepat

1. Usia Sekolah penerbangan tersebut

Tanyakan dan cari referensi tentang usia sekolah yang akan anda pilih, pastikan usia sekolah tersebut paling tidak sudah berusia minimal 4 tahun atau paling tidak mereka harus telah memiliki lulusan. bila memungkinkan telusuri juga tingkat kompetensi lulusan mereka, berkualitas kah atau tidak. karena ini sangat mempengaruhi masa depan anda. jangan sampai anda membayar mahal-mahal namun hasil yang didapatkan tidak seimbang.

Usia sekolah penerbangan juga bisa dijadikan sebagai pondasi terhadap tingkat keseriusan mereka karena ada beberapa sekolah pilot yang hanya buka satu dua tahun, akhirnya harus gulung lapak. jangan sampai anda menjadi korban selanjutnya. 

2. Jumlah Pesawat Latih yang mereka miliki

Untuk menghindari agar nantinya anda tidak perlu ngantri untuk mendapatkan jam terbang, dan memungkinkan anda lulus tepat waktu. Tanyakan dengan pasti jumlah pesawat atau aircraft yang mereka miliki, dan apakah murni milik instansi mereka atau hanya pinjaman.

3. Apakah mereka Memiliki Bandara Khusus.

Tanyakan juga apakah mereka memiliki bandara khusus sekolah penerbangan, lebih baik jika anda memutuskan untuk mencari sekolah penerbangan yang memiliki bandara pribadi, jatah terbang menjadi lebih banyak dan dapat lulus tepat waktu dari yang di janjikan. 

Jangan memilih SP yang menggunakan bandara bersama atau perjanjian berbagi dengan pesawat komersial apalagi jika bandara tersebut memiliki trafik penerbangan yang tinggi karena akan mempengaruhi pada jatah terbang anda dan menghindari terbatasnya jatah terbang

4. Jumlah Biaya Sekolah Penerbangan

Tanyakan yang jelas tentang biaya kesuluruhan, perjelas masalah ini, jangan terpancing dengan harga yang terlihat lebih murah dibanding harga di sekolah lain, karena ada beberapa sekolah penerbangan yang memiliki hidden fee atau yang sering disebut dengan biaya tersembunyi. pastikan anda teliti kembali terhadap beberapa kecurangan-kecuran yang mungkin terjadi 

Itulah 4 tips dalam memilih sekolah penerbangan yang harus anda perhatikan agar terhindar menjadi korban mafia pendidikan tanah air yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan. Sekian Pembahasan tentang Sekolah Penerbangan Di Indonesia, Tips Memilih Sekolah Pilot Yang Tepat. Semoga bermanfaat dan tolong Di Share ya. terima kasih. Baca juga artikel menarik lainnya Sejarah Penemuan Teleskop dan macam-macam jenis teleskop


Silakan tinggalkan komentar anda disini....
Tuangkan Saran, Pendapat, Penyataan maupun Pertanyaan anda...
Contact US