Kisah Hidup Mark Zuckerberg Orang Yang Mendirikan Facebook


Mark Zuckerberg Orang Yang Mendirikan Facebook

Mark Elliot Zuckerberg Atau lebih di kenal Mark Zuckerberg adalah Orang yang mendirikan Facebook " situs jejaring sosial Nomor 1 Di Dunia" , Facebook didirikan sebagai perusahaan swasta pada tahun 2004 oleh Zuckerberg dan teman sekelas nya Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, dan Chris Hughes ketika menjadi mahasiswa di Universitas Harvard.

Mark Zuckerberg lahir di White Plains, New York pada tahun 1984. Anak Kedua dari 4 bersaudara dari pasangan Karen  dan Edward Zuckerberg. Mark dan tiga saudara perempuannya ( Randi, Donna, dan Arielle) dibesarkan di Dobbs Ferry, New York sebagai seorang Yahudi meski selama ini ia menetapkan dirinya sebagai seorang ateis. Sejak kecil Mark suka mengutak-atik komputer, memakai, dan belajar membuat berbagai program komputer.

Biografi Mark Zuckerberg Pendiri Website Facebook.com

Mark Zuckerberg Orang Yang Mendirikan Facebook

Kisah dan Asal mula Mark Zuckerberg mendirikan Facebook

Mark Zuckerberg Adalah Seorang Mahasiswa Di Harvard, Zuckerberg menemukan ide membuat buku direktori mahasiswa online karena universitas nya tak membagikan face book ( buku Daftar mahasiswa yang memuat foto dan identitas mahasiswa di universitas itu) Untuk mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan di antara mereka. Dan Proyek pertamanya adalah CourseMatch (www.coursematch.com) yang memungkinkan teman-teman sekelas nya berkomunikasi satu sama lain di website tersebut. 

Suatu malam di tahun kedua Zuckerberg kuliah di Harvard, Zuckerberg meretas data mahasiswa Harvard dan memasukkan nya ke dalam website yang ia buat bernama Facemash. Sejumlah foto rekan-rekannya terpampang di situ. dan di foto-foto tersebut Mark membuat kalimat yang meminta pengun­jung website Untuk menentukan mana dari foto-foto tersebut yang paling "hot" ( Foto-foto Mahasiswi Harvard )


Dalam waktu Beberapa jam sejak ia meluncurkan website ini tercatat 450 orang mengunjungi Facemash dan sebanyak 22.000 foto mereka buka dan membuat jaringan internet di Harvard lumpuh. Pihak Harvard mengetahuinya dan sambungan internet pun di putuskan. Setelah kejadian tersebut Mark di sidang karena dianggap mencuri data mahasiswa lain. kemudian Mark meminta maaf kepada rekan-rekan yang fotonya masuk di Facemash.

Peluncuran Situs Facebook 

Setelah Diperkarakan Karena membuat Website Facemash, Mark kembali membuat website baru dengan nama Facebook (www.thefacebook.com). Website ini luncurkan Mark dari kamar asrama Harvard pada Februari 2004 bersama teman sekelasnya Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, dan Chris Hughes. Facebook merupakan penyempurnaan dari Facemash dan berfungsi sebagai situs sosial yang memudahkan penggunanya untuk berhubungan dengan teman dan pengguna facebook lainya.

Mark Zuckerberg Orang Yang Mendirikan Facebook

Pengembangan Proyek Facebook

Awal mulanya Facebook hanya sebagai Website sosial antara sesama teman kelasnya di Harvard University, Tetapi setelah ia membuat Website tersebut, ternyata semakin banyak orang yang tergabung didalamnya Sampai akhirnya Zuckerberg memutuskan untuk menyebarkan ke sekolah lain, Mereka pertama kali mengembangkan website di Stanford, Dartmouth, Columbia, New York University, Cornell, Brown, dan Yale, dan kemudian di sekolah lain yang memiliki kontak sosial dengan Harvard University.

Karena kesibukan dan keasyikan dalam mengembangkan proyek Facebook, Zuckerberg dan kawan-kawannya dihadapkan pada pilihan yang sulit antara memilih pendidikannya atau bisnis proyek yang sedang dia kembangkan. Dengan sikap yang optimis Zuckerberg dan kawan-kawannya memilih untuk meninggalkan kuliah mereka, dan memfokuskan diri pada proyek Facebook tersebut.

Zuckerberg pindah ke Palo Alto, California, bersama beberapa temannya. Mereka menyewa sebuah rumah kecil yang berfungsi sebagai kantor. Selama musim panas, Zuckerberg bertemu Peter Thiel yang meng-investasi-kan pada perusahaan. Mereka mendapat kantor pertama mereka di pertengahan tahun 2004.


Dalam waktu lima bulan bulan Facebook sudah bisa menjaring 30 kampus. Hingga akhir 2004 jumlah pengguna Facebook sudah mencapai satu juta. Pengguna Facebook terus meningkat. Zuckerberg dan kawan-kawan memutuskan Facebook membuka jaringan untuk para siswa sekolah menengah. 

Pada September 2005 mereka juga membuka jejaring para pekerja kantoran. kemudian Zuckerberg dan kawan-kawannya mengembangkan Facebook lebih jauh lagi. Pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk umum dengan syarat memiliki email. Sejak itulah jumlah anggota Facebook melesat.

Jumlah anggota Facebook yang jutaan orang itu menjadi tambang emas yang menggiurkan. Zuckerberg dan kawan-kawan pun menangkap peluang bisnis yang besar. Karena itu ketika jumlah user-nya melebihi satu juta mereka menggandeng Accel Partners, perusahaan modal ventura, untuk membiayai pengembangannya. 

Modal yang ditanamkan berjumlah US$ 12,7 juta. Ini adalah investasi kedua yang masuk ke Facebook setelah sebelumnya (Juni 2004). dengan tambahan modal itu jelas memudahkan Mark dan kawan-kawannya mengembangkan Facebook dan mengganti domain-nya dari www.thefacebook.com menjadi www.facebook.com. Setelah itu jangkauan keanggotaan facebook diperluas menjadi internasional.

Mark Zuckerberg Orang Yang Mendirikan FacebookPada September 2007 Microsoft melakukan pendekatan dan menawar untuk membeli 5% saham facebook senilai sekitar US$ 300 juta hingga US$ 500 juta. Jika nilai itu disetujui maka nilai keseluruhan Facebook sudah mencapai US$ 6 miliar hingga US$ 10 miliar atau sekitar Rp 54 Triliun hingga Rp 90 Triliun. Namun Microsoft akhirnya mengumumkan hanya membeli 1,6% saham Facebook dengan nilai US$ 240 juta pada Oktober 2007. 

Setelah itu sejumlah tawaran mengepung Facebook. ada berita yang menyebutkan Viacom, Yahoo, Google, dan sebagainya pun ikut menawar untuk membeli Facebook. Sejauh ini Zuckerberg mengatakan Facebook tak akan dijual.

Melesatnya bisnis Facebook membuat Zuckerberg mendapatkan harta kekayaan yang luar biasa. Majalah Forbes menyebutkan kekayaan Zuckerberg sendiri mencapai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 13,5 triliun. jumlah yang luar biasa besar. wajar jika majalah forbes menobatkan Mark Zuckerberg sebagai The Youngest `Self-made’ Billionaire on the Planet.

Rintangan dan permasalahan yang dialami Mark Zuckerberg dalam mencapai kesuksesan

Biografi Mark Zuckerberg facebook - Prestasi dan kesuksesan yang diraih Zuckerberg tak benar-benar mulus. Banyak rintangan dan permasalahan yang dia dapatkan, Termasuk dari rekannya di Harvard yang menyebutkan rancangan Facebook sebenarnya tiruan dari ConnectU. Namun Zuckerberg tetap bergeming bahwa Facebook merupakan hasil karyanya. Meskipun ConnectU kalah dalam persidangan pertama, perusahaan ini mendaftarkan gugatan baru pada Maret 2008.

Kontroversi juga datang dari negara-negara seperti Myanmar, Syria, Arab Saudi, Iran dan sebagainya yang menyebutkan kalau Facebook mempromosikan serangan terhadap otoritas pemerintahannya sehingga akses terhadap Facebook di negara tersebut ditutup.

Walaupun banyak menuai banyak kontroversi Website Facebook tetap disukai banyak orang, Zuckerberg sendiri di tengah kepopuleran namanya dan jumlah kekayaan yang dimilikinya, ia tetap sederhana. Ia masih tinggal di apartemen sewaan dan di kamarnya hanya tersedia sebuah meja dan kursi. Kasurnya diletakkan di lantai. Kala datang ke kantornya di Palo Alto, Zuckerberg kerap berjalan kaki atau mengendarai sepeda.

Mark Zuckerberg Adalah Milyarder termuda yang dia dapatkan atas usahanya sendiri dan bukan karena warisan, yang pernah tercatat dalam sejarah. Keberhasilan nya sebagai pendiri Facebook, salah satu situs jejaring sosial ternama di dunia dan membuatnya dinobatkan sebagai orang kaya yang paling muda di dunia. sekian update artikel Kisah Hidup Mark Zuckerberg Orang Yang Mendirikan Facebook semoga bermanfaat. thanks




Sumber Bacaan dan Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Mark_Zuckerberg
http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/10/biografi-mark-zuckerberg-pendiri.html



Silakan tinggalkan komentar anda disini....
Tuangkan Saran, Pendapat, Penyataan maupun Pertanyaan anda...
Contact US