Ini Dia Penyebab Laptop Terlalu Panas


Penyebab Laptop Terlalu Panas - terkadang penggunaan laptop yang salah sering membuatnya terasa panas, apalagi jika penggunaan laptop terlalu diapaksakan, biasanya ini dialami oleh para gamers. 

laptop cepat panas juga sering dialami pada laptop yang sudah berusia tua, tetapi terkadang laptop baru juga demikian, bahkan saya pernah mengalami nya sampai-sampai laptop mati secara tiba-tiba. besoknya batre laptopnya langsung soak, alias tidak tahan lama lagi padahal dulunya adem ayem dan bisa tahan beberapa jam tanpa harus di hubungkan dengan charger. 

Penyebab Laptop Terlalu Panas

Laptop yang overheat dan panas jika tidak di perbaiki dan dibiarkan begitu saja secara terus menerus akan mempunyai efek buruk terhadap berbagai komponen-komponen laptop, contohnya seperti yang saya alami batre nya cepat soak, dan salah-salah komponen hardware didalam laptop bisa hangus atau terbakar.

jika kejadian ini terjadi sudah barang pasti kerugian yang kita dapatkan sangat besar dan membutuhkan banyak biaya untuk memperbaiki. karena itu kenali berbagai penyebab laptop terlalu panas yang akan kita bahas di bawah ini agar kita tau apa saja yang harus dilakukan untuk menghindarinya atau memperbaiki 

Ini Dia Penyebab Laptop Terlalu Panas

1. Laptop panas akibat peenggunaan laptop di tempat salah

Contoh penggunaan yang salah yaitu seperti menggunakan laptop diatas kasur atau diatas bantal, jika laptop diletakkan diatas kasar sudah pasti sirkulasi udara dibawah laptop jadi terhambat, sebaiknya jangan letakkan laptop di atas kasur apalagi untuk waktu pemakaian yang lama, 

jika Hanya digunakan sebentar masih okelah mungkin gak akan terlalu berpengaruh. tetapi untuk waktu yang berjam-jam sebaiknya dihindari. sebenarnya ada solusi lain, contohnya dengan memberikan alas yang rata, kerasdan datar, jangan langsung diletakkan di atas permukaan kasur. 

2. Sirkulasi udara terhambat

Semua laptop memilili lubang ventilasi sebagai jalur sirkulasi udara baik dari dalam maupun keluar laptop, sirkulasi ini berfungsi untuk mengeluarkan udara panas dari dalam mesin laptop keluar.

Letak darai lubang ventilasi ini berbeda-beda Antara laptop merek A dengan Merek B. namun kegunaaan nya tetap sama, terhambatnya sirkulasi udara ini bisa saja karena debu dan kotoran atau penggunaan laptop yang salah seperi pembahasan diatas akibatnya udara panas tidak bisa dibuang keluar.

3. Kerusakan pada kipas laptop

Nah kerusakan ini yang sering disepelekan, padahal jika kipasnya rusak dan tidak berfungsi otomatis sirkulasi udara pun tidak ada, wajar saja jika laptop kamu panas jika kipasnya memang sudah rusak dan tidak berputar. fungsi kipas ini untuk menarik udara panas didalam dan mengembusnya keluar, 

Ini Dia Penyebab Laptop Terlalu Panas

cara mengetahui apakah kipas angin yang ada pada laptop kamu rusak atau tidak caranya dengan mendekatkan telinga kearah ventilasi udara, jika tidak terdengar perputaran kipas berarti dapat dipastikan memang sudah rusak dan harus segera diperbaiki.
Baca juga cara : Cara main game Lets get rich di pc atau laptop

Cara mendeteksi ada atau tidaknya kerusakan yang kedua dengan meletakkan tangan di daerah sirkulasi jika terasa panas dan terasa seperti ada hembusan uap panas dari dalam berarti kipas laptopmu masih berfungsi, begitu pula kebalikan.

4. Laptop Panas karena Kipas sirkulasi kotor.

Kipas laptop yang kotor akibat debu bisa menghambat dan mempengaruhi kinerja dari kipas untuk mengeluarkan uap panas, gejala kipas yang kotor dan terhambat perputarannya bisa kita ketahui dengan meletakkan tangan di ventilasi udara laptop jika udara yang keluar hanya sedikit dan tidak kuat berarti perputaran kipas nya lemah mungkin saja tergangu oleh kotoran dan debu, 

Untuk memperbaiki bisa langsung sobat buka dan bersihkan debu nya namun saya lebih merekomendasikan untuk membawa ketepat servise komputer dan elektronik, apalagi buat anda yang belum mengerti sama sekali tentang bagian harware dan berbagai perangkat komputer. seperti saya.

Jangan sampai nanti bisa buka tetapi tidak bisa memasang kembali. hehe. biaya servisnya pun tidak terlalu mahal. Di koda banda aceh tempat saya tinggal ongkos jasa untuk Servise kipasnya sekitar Rp. 65 ribu. ditempat sobat mungkin sekitaran itu juga harganya

5. Laptop panas karena pengaruh usia

Usia tua bukan hanya kita perangkat elektronik pun bisa mengalami penurunan fungsi, hampir semua laptop yang pemakaiannya tergolong lama mengalami permasalahan ini, apalagi pada laptop yang tidak pernah mendapatkan perawatan yang baik selama pemakaian. proses penuaannya pun menjadi lebih cepat.

Itulah beberapa Penyebab laptop Terlalu panas yang bisa saya jabarkan. mari kita peduli dan sayangi laptop sebaik-baiknya, agar awet dan tahan lama. gak kebayang kalau sampai rusak pasti kerjaan dan aktivitas blogging jadi terbengkalai. Thanks mas bro mbak bro telah membaca coretan sederhana saya ini. kalau berkenan mohon di share ya di media sosial atau facebooknya.


Silakan tinggalkan komentar anda disini....
Tuangkan Saran, Pendapat, Penyataan maupun Pertanyaan anda...
Contact US