Keunikan dan keanekaragaman indonesia


Keunikan dan keanekaragaman indonesia

Mengenal indonesia dan keanekaragaman nya - Indonesia adalah negara yang memiliki kepulauan terbanyak didunia, banyak budaya, adat istiadat dan memiliki jumlah suku bangsa yang terbanyak di dunia , indonesia memiliki pesona alam yang mengagumkan, Kekayaan flora dan fauna yang luar biasa dari hening nya lautan yang penuh warna hingga kemegahan pegunungan yang menjulang tinggi.

Tahukah Anda seberapa banyak keunikan yang dimiliki bangsa indonesia ini? Berikut sebagian kecil dari sekian banyak keunikan Indonesia,  semoga pengetahuan ini diharapkan dapat menambah kecintaan kita kepada Tanah Air.

Keunikan dan keanekaragaman Indonesia

1. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia.

Pulau yang ada di indonesia mencapai 17.508 pulau. Terdiri dari 5 kepulauan besar dan 30 kelompok kepulauan kecil. Termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni.

2. Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia,

Indonesia memiliki perairan seluas 93.000 km² dan panjang pantai sekitar 81.000 km² atau hampir 25% dari panjang pantai di dunia.

3. Indonesia memiliki suku bangsa yang terbanyak di dunia.

Salah satu keanekaragaman indonesia yaitu indonesia memiliki Suku-suku sangat banyak, yaitu terdapat lebih dari 740 suku bangsa atau etnis, bahkan di Papua saja terdapat 270 suku. 

4. Indonesia memiliki bahasa daerah terbanyak didunia.

Indonesia  memiliki bahasa daerah yang sangat banyak, ini disebabkan karena banyaknya suku-suku yang ada di indonesia, yaitu terdapat 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk, Meski banyak bahasa daerah namun Bahasa nasional Indonesia mampu menyatukan bangsa ini tanpa menghilangkan tutur bahasa daerah nya dan  mencerminkan keunikan dan keanekaragaman indonesia

5. Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia.

Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia. Juga ini menjadikan Indonesia memiliki jumlah masjid terbanyak serta negara penyumbang jamaah haji terbesar di dunia.

6. Indonesia memiliki sejarah yang sangat besar

Seperti Candi Borobudur di Jawa Tengah memiliki Monumen Budha  terbesar di dunia yang tingginya mencapai 42 meter terdiri dari 10 tingkat dan merupakan salah satu keajaiban dunia. dan di Indonesia juga pernah ditemukan manusia purba tertua di dunia, yaitu Pithecanthropus erectus yang diperkirakan berasal dari masa 1,8 juta tahun yang lalu.

7. Hasil Bumi yang melimpah

Indonesia Memiliki hasil bumi yang melimpah, tanah yang subur, dan banyak sekali hasil alam yang dimiliki bangsa ini. contohnya penghasil cengkeh, pala, penghasil karet alam, minyak sawit mentah. Pengekspor terbesar kayu lapis terbesar, dan Penghasil gas alam cair terbesar di dunia selain itu indonesia juga merupakan Produsen timah terbesar kedua di dunia.

8. keindahan pantai dan bawah laut.

Indonesia memiliki pantai-pantai yang sangat indah dan menawan, selain itu lautan indonesia memeliki terumbu karang terindah dan terkaya yaitu sekitar 18% dari total keseluruhan yang ada di dunia.

9. Flora dan fauna

Indonesia adalah negara yang memiliki flora fauna terlengkap di dunia. kekayaan akan flora fauna di wilayah indonesia didukung oleh beberapa hal diantaranya adalah indonesia terletak didaerah tropis.

10. Komodo.
keunikan indonesia, keanekaragaman indonesia

Salah satu keunikan indonesia lainnya adalah di indonesia mempunyai habitat hewan purba yang masih hidup hingga saat ini yang terdapat di pulau komodo dan sekitar daerah NTB.

Itulah beberapa keunikan dan keanekaragaman indonesia, sebenarnya masih banyak kelebihan dan keunikan indonesia lainnya, seperti di indonesia memiliki spesies ikan hiu terbanyak di dunia, indonesia memiliki bunga terbesar didunia yaitu Raflesia, dan masih banyak lagi. karena penjelasan di atas hanya sebagian kecil dari sejumlah besar kelebihan dan keunikan indonesia.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah kecintaan kita terhadap negeri ini. Baca juga artikel saya sebelumnya tentang cita rasa kopi aceh kualitas dunia. semoga bermanfaat dan terima kasih antuk kunjungan anda ke Situs Share all time.




Silakan tinggalkan komentar anda disini....
Tuangkan Saran, Pendapat, Penyataan maupun Pertanyaan anda...
Contact US