Penemuan coin emas merupakan bukti sejarah kerajaan aceh masa lalu



Berita Populer

Penemuan coin emas merupakan bukti sejarah kerajaan aceh masa silam

Share-all-time - Berawal dari penemuan peti harta karun di dalam sebuah wadah/peti  tembaga oleh seorang warga pencari kerang di daerah gampong pande kecamatan kutaraja banda aceh. harta karun milik kerajaan aceh masa lalu yang di temukan warga berbentuk coin emas atau Dirham yang di ketahui bahwa coin emas tersebut merupakan jenis mata uang aceh pada waktu itu dan tidak hanya berlaku di aceh saja namun mata uang dirham tersebut berlaku juga di beberapa kerajaan lainnya.

Ratusan warga masih berbondong-bondong datang ke lokasi tempat di temukan harta karun kerajaan aceh tersebut, sebagian ada yang selimuti rasa penasaran dan sebagiannya lagi bertujuan untuk memburu harta karun lainnya yang di duga masih tersimpan disekitar lokasi tersebut. sampai saat ini diketahui ratusan bahkan ribuan koin emas yang telah di temukan warga setelah penemuan pertama kali. warga yang memburu coin emas tersebut datang dari berbagai daerah sekitar lokasi dan ada juga yang datang dari penjuru daerah aceh  untuk mencari harta peninggalan kerajaan tersebut. 

Kerajaan aceh masa lalu merupakan kerajaan yang pernah mencapai puncak kejayaannya, ini di buktikan dengan penemuan coin emas yang di jadikan mata uang kerajaan, semua kerajaan yang menjadikan emas sebagai bentuk mata uang untuk pertukan adalah kerajaan kaya raya dan sejahtera.

Berita Populer

Lokasi penemuan koin emas merupakan lokasi pembuatan coin kerajaan

menurut tarmizi salah seorang sejarawan aceh mengatakan lokasi tempat di temukan koin emas tersebut merupakan pusat industri, tempat pembuatan senjata dan tempat pembuatan coin kerajaan aceh waktu itu.
dan di duga masih banyak tersimpan harta kerajaan aceh lainnya di daerah tersebut bukan hanya coin emas saja tetapi juga benda-benda berharga lain ya.

Dua pedang berlapis emas ditemukan di lokasi harta karun aceh

foto:merdeka.com

setelah di hebohkan oleh penemuan ratusan coin emas, kini rakyat aceh kembali di kejutkan oleh penemuan sepasang pedang berlapis emas yang panjangnya masing-masing satu meter. gagang pangkal pedang tersebut berbentuk singa bilahnya di lapisi emas dan sarungnya terbuat dari perunggu.






Pemerintah Harus menyelamatkan peninggalan sejarah

Pemerintah harus belajar dari kasus-kasus yang sudah ada dimana peninggalan dan artefak aceh sekarang banyak yang berada di luar negeri. contohnya seperti artefak dan peninggalan kerajaan Samudra Pasai yang ditemukan warga pada saat penggalian warga dan di jual bebas dan tak berbekas. sementara generasi sekarang hanya mengetahui sejarah dari buku dan cerita tanpa bukti otentik, oleh karena itu pemerintah harus berupa menyelamatkan penemuan penting ini. bukan hanya berharga dari segi materialnya saja tetapi nilai sejarah yang tak ternilai harganya.

Pemerintah harus turun ke lokasi dan mendata semua penemuan koin emas dan temuan lainnya yang di temukan warga, pemerintah harus membeli atau memberi imbalan atas temuan tersebut dari warga yang menemukan dan menyimpan di mesium, sebelum benda berharga tersebut jatuh ketangan koektor-kolektor asing. 

sekian postingan informasi Penemuan coin emas merupakan bukti sejarah kerajaan aceh masa lalu baca juga artikel menarik lainnya bisa anda pilih melalui menu navigasi share-all-time atau melalui daftar isi blog >> Sitemap <<



Silakan tinggalkan komentar anda disini....
Tuangkan Saran, Pendapat, Penyataan maupun Pertanyaan anda...
Contact US