Apakah pesawat pernah tersambar petir?


Apakah pesawat pernah tersambar petir - jika anda pernah melakukan perjalanan menggunakan pesawat saat musim hujan pasti ada perasaan was-was mengenai cuaca selama perjalanan. apalagi saat badai dan petir sedang terjadi. bukan hanya anda namun hampir semua orang merasa takut potensi resiko kecelakaan tersebut. kembali pada judul artikel.

Apakah pesawat pernah tersambar petir?

Sebenarnya pesawat sering terkena sambaran petir. Namun untungnya, mereka mempunyai alat khusus yang dikembangkan untuk menangani masalah tersebut. Seperti dikutip dari Live science Pesawat komersial rata terkena sambaran petir lebih dari sekali setahun, menurut Lightning Technologies Inc, sebuah perusahaan yang memproduksi proteksi petir untuk pesawat. Kadang-kadang pesawat itu sendiri memicu terjadinya sambaran petir seperti saat melakukan penerbangan melalui badai awan bermuatan listrik.

Frekuensi sambaran petir pada pesawat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk wilayah geografis di mana pesawat beroperasi dan seberapa sering pesawat melewati lepas landas dan mendarat selain itu sambaran petir juga di pengaruhi oleh ketinggian dan jalur penerbangan tempat aktivitas petir yang paling umum

Artikel lain Sejarah penemuan listrik dan biografi Michael Faraday

Kegiatan petir dapat sangat bervariasi dengan lokasi geografis. Sebagai contoh, di Amerika Serikat, bagian Florida rata-rata 100 hari badai per tahun, sementara sebagian besar Pantai Barat  rata-rata hanya 10 hari badai per tahun. Di seluruh dunia, petir cenderung terjadi paling dekat khatulistiwa karena kehangatan di daerah ini memberikan kontribusi untuk konveksi, menciptakan badai luas hampir setiap hari. 

Sambaran petir pada pesawat paling sering terjadi selama pendakian dan keturunan fase penerbangan pada ketinggian 5.000 sampai 15.000 kaki (1.524 ke 4.572 meter). Alasannya adalah bahwa aktivitas petir yang lebih menonjol antara 5.000 sampai 15.000 kaki. Probabilitas sambaran petir menurun secara signifikan di atas 20.000 kaki (6.096 meter).

sambaran petir pada pesawat,  apakah pesawat bisa disambar petir,

Tujuh puluh persen dari semua sambaran petir terjadi selama adanya hujan. Ada hubungan kuat antara suhu sekitar 32 derajat F (0 derajat C) dengan sambaran petir ke pesawat. Kebanyakan petir terjadi pada suhu yang membekukan.

Kondisi yang menyebabkan curah hujan juga dapat menyebabkan penyimpanan energi listrik dalam awan. ketersediaan energi listrik ini dikaitkan dengan curah hujan dan penciptaan awan. Kebanyakan sambaran petir yang mempengaruhi pesawat terjadi selama musim semi dan musim panas.

Meskipun 70 persen dari peristiwa sambaran petir terjadi selama curah hujan, petir dapat mempengaruhi pesawat hingga lima mil jauhnya dari pusat awan listrik. Sekitar 42 persen dari sambaran petir yang dilaporkan oleh pilot maskapai penerbangan yang dialami tanpa badai

Dampak sambaran Petir pada pesawat

Semua pesawat bisa disambar petir, umumnya tidak memiliki dampak langsung pada bagian dalam pesawat karena di lindungi oleh badan pesawat yang dirancang khusus agar aman dari sambaran petir. Namun Terkadang sambaran petir juga bisa menyebabkan gangguan navigasi, kerusakan pada instrumen komputer dan memiliki potensi untuk menjatuhkan pesawat. 

Terakhir kecelakaan pesawat komersial yang jatuh karena sambaran petir terjadi di Amerika Serikat pada tahun 1963. sambaran petir pada tangki bahan bakar pesawat tersebut menyebabkan "ledakan disintegrasi" dari luar kiri sayap Seluruh kru dan Semua penumpang yang berjumlah 81 tewas.

Selain itu ada 24 daftar insiden  kecelakaan pesawat yang disebabkan petir, termasuk kecelakaan Elkton. Sebagian lainnya 23 insiden melibatkan pesawat pribadi kecil atau helikopter dan satu kasus balon udara.

Artikel lain Kenapa langit berwarna Biru, dan kemerahan saat terbit dan terbenam

Sistem penangkal sambaran petir pada pesawat terbang


Petir bisa terjadi karena adanya perbedaan muatan listrik di udara. Saat ini semua pesawat terbang modern memiliki Static Sistem Discharge  (SD) yang ditempatkan pada setiap ujung sayap, ekor dan bagian badan lainnya yang berjumlah sekitar 16 buah, Sistem Discharge ini terbukti ampuh menangkis semua sambaran petir. disaat sebuah pesawat terkena sambaran petir maka Sistem Discharge ini akan segera membuang energi listrik ke udara secara otomatis. Sistem Discharge sangat jarang rusak dan perawatan nya sangat mudah. Namun jika SD ini mengalami kerusakan mungkin saja resiko terjadinya sambaran petir menjadi lebih besar.

Selain itu Sebagian besar badan pesawat yang terbuat dari aluminium, yang merupakan konduktor yang sangat baik listrik sehingga memungkinkan listrik mengalir melalui kulit atau bagian shell pesawat tanpa membiarkannya masuk kedalam, kemudian Tangki bahan bakar yang diuji untuk memastikan mereka dapat menahan sambaran petir tanpa membiarkan bunga api yang berbahaya. sehingga tidak terjadi kerusakan pada bagian pesawat dan menghindari terjadinya bunga api yang bisa menyebabkan kebakaran pada tangki bahan bakar pesawat. 

Itulah yang akan terjadi jika pesawat tersambar petir. tetapi walaupun pesawat dilengkapi oleh System Discharge ini bukan berarti pilot mendapatkan izin untuk terbang pada jalur yang memiliki badai petir.

Berikut ada sebuah video sebuah pesawat disambar petir yang saya ambil dari Youtube



Sebenarnya banyak video lainnya anda bila cari sendiri di youtube atau silakan searching di google. Terimakasih telah membaca artikel Apakah pesawat pernah tersambar petir. dan silakan baca-baca artikel lainnya 


Silakan tinggalkan komentar anda disini....
Tuangkan Saran, Pendapat, Penyataan maupun Pertanyaan anda...
Contact US