Sejarah bangsa Viking, Penjelajahan dan kepercayaan viking


Sejarah bangsa Viking - Viking adalah sebuah suku bangsa orang-orang dari Skandinavia ( Denmark, Norwegia dan Swedia), yang dimulai sekitar tahun 400-an Masehi sering membuat serangan dengan perahu ke Eropa, bahkan masuk ke Laut Mediterania dan menyerang Sisilia dan Italia selatan. profesi orang-orang viking lebih cenderung sebagai petani, nelayan dan berniaga, namun setelah gagal berniaga biasanya beralih menjadi perompak, prajurit dan petarung handal didalam pertempuran. Viking dipimpin kepala suku pemilik tanah, kepala klan-klan yang di sebut earl yang memiliki banyak pengikut setia.


Sejarah bangsa Viking

Sekitar tahun 860 Masehi Viking mulai menyerang pantai Atlantik Perancis selatan, dan juga pantai timur Inggris seperti wessex, dan saxon. Serangan viking ke daratan inggris / britania mulai sungguh-sungguh saat kelompok-kelompok prajurit yang dipimpin oleh Ragnar Lothbrok dan anak-anaknyaRagnar Lothbrok merupakan raja, kepala suku dan tokoh lagenda viking yang terkenal dan merupakan orang yang paling berpengaruh waktu itu. Metode serangan dan ekspansi bangsa viking dengan menggunakan perahu saat itu mereka dipercaya sudah mengetahui sistem pelayaran menggunakan kompas matahari. 

sejarah bangsa viking, kapal viking, logo viking, lambang viking

Bangsa viking merupakan bangsa yang bertarung untuk menang, mereka membunuh, membakar, merampas harta benda dan membawa pulang semua hasil rampasan. dalam beberapa histori mereka di gambarkan sebagai kelompok prajurit yang tidak takut mati dalam peperangan. karena keyakinan mereka semua prajurit yang mati dalam pertempuran akan mendapat tempat yang bagus di sisi dewa mereka. beberapa kisah lain juga disebutkan pasukan viking sebelum bertempur mereka mengkonsumsi sejenis jamur yang bersifat halusinogen sehingga mereka berani bertempur gila-gilaan. selain sebagai prajurit sebagian dari mereka merupakan pedagang yang handal.


Penjelajahan viking

Sekitar abad ke 8 sampai abad ke 11 viking meninggalkan jejak mengerikan pada daerah-daerah yang mereka taklukkan. seluruh eropa gempar dengan kekuatan bangsa viking. selain menyerang Britania, kelompok-kelompok lain dari Viking bermigrasi ke selatan ke Rusia untuk berdagang dengan Konstantinopel . Di Rusia, Viking secara bertahap bercampur dengan Slavia yang tinggal di sana dan mendirikan negara Rusia. Bersama-sama, Slavia dan Viking mengambil perahu mereka menyusuri sungai Dnieper ke Laut Hitam, di mana mereka diperdagangkan dengan orang-orang yang lebih timur di sepanjang pesisir seperti Sutra. Vikings menjual bulu dan wol ke Samaniyah, dan Samaniyah menjual Viking sutra dari China .

Viking dan Slavia juga menyerang bagian Romawi wilayah sekitar Konstantinopel, meskipun mereka tidak bisa mengambil kota itu sendiri. Segera Kekaisaran Bizantium mempekerjakan Viking sebagai tentara nya . Banyak pria Viking berjuang untuk Bizantium di Pertempuran Manzikert antara Bizantium dan Seljuk tahun 1071 Masehi. Sekitar tahun 1100, sebagian besar Viking telah masuk Kristen .

Pada 1000 AD , beberapa Viking menetap di utara Perancis, di mana mereka disebut Normandia atau Orang Utara, dan daerah di mana mereka menetap masih disebut Normandia. Di sini mereka juga masuk Kristen . sekitar waktu yang sama, beberapa Viking berlayar barat Islandia, Greenland, dan bahkan sejauh Nova Scotia, Kanada modern.

Beberapa pria Viking menikah dengan wanita asli Amerika di sana. Viking menetap di Islandia dan Greenland, tetapi hanya tinggal di Kanada untuk waktu yang singkat, karena orang-orang Inuit terlalu kuat bagi mereka, dan karena periode pendinginan global yang dimulai sekitar 1300 Masehi membuat lautan terlalu dingin untuk kapal mereka.


kepercayaan agama viking

Penjelajahan viking semakin berkurang selama terjadinya pengkristenisasi dan memulai hidup yang lebih beradap. berbeda saat mereka masih memeluk kepercayaan kepada dewa-dewa mereka sebelumnya seperti Odin, Thor dan Loki. 




Silakan tinggalkan komentar anda disini....
Tuangkan Saran, Pendapat, Penyataan maupun Pertanyaan anda...
Contact US