Apa itu Penghargaan Nobel, Sejarah tentang Nobel


Apa itu Penghargaan Nobel - Hadiah Nobel diberikan setiap tahun untuk orang-orang yang mempunyai prestasi luar biasa di bidang ilmu pengetahuan, sastra dan untuk pelopor perdamaian dunia dan kepada mereka yang telah memberikan konstribusi besar terhadap kemajuan umat manusia seluruh dunia.

Dalam penghargaan ini, pemenang penghargaan nobel mendapat medali emas, sertifikat, dan sejumlah besar uang. Hadiah Nobel adalah hadiah paling bergengsi di dunia. Penghargaan ini diberikan kepada orang-orang dengan kontribusi luar biasa dalam enam bidang, yaitu : fisika, kimia, sastra, fisiologi atau kedokteran, perdamaian dan ekonomi. 

Bidang Ekonomi ditambahkan dalam daftar penghargaan nobel pada tahun 1969 untuk pertama kalinya. Salah satu hadiah diberikan pada masing-masing bidang. Jika ada lebih dari satu penerima penghargaan dalam satu bidang, hadiah uang dibagi merata di antara semua pemenang.

Sejarah penghargaan nobel

Apakah Anda tahu bagaimana sejarah penghargaan Nobel dimulai? Nobel prize pertama kali diberikan berdasarkan wasiat seorang Ilmuwan, kimiawan, insinyur, penemu dan industrialis yang berasal dari swedia yang bernama Alfred Bernhard Nobel. Ia lahir di Stockholm pada tanggal 21 Oktober 1833 dan meninggal pada tanggal 10 Desember 1896. Ayahnya juga seorang ilmuwan. Meskipun ia adalah seorang warga negara Swedia, ia dididik di Rusia. 

Alfred Nobel adalah seseorang yang menemukan dinamit. Bahan ini banyak digunakan untuk memecahkan batu, menggali sumur minyak, dan tentunya dalam peperangan. Untuk penemuan berharga ini, Alfred Nobel menjadi terkenal di seluruh dunia. 

Dia mendapatkan banyak uang dari penjualan hasil temuannya. Pada saat kematiannya pada tahun 1896, ia meninggalkan uang dalam jumlah luar biasa yaitu sekitar 9.000.000 dolar. Dia meninggalkan wasiat yang menunjukkan bahwa bunga uang ini harus diberikan sebagai hadiah kepada orang-orang yang mempunyai kontribusi luar biasa mereka untuk fisika, kimia, kedokteran, sastra dan perdamaian. Penghargaan ini disebut sebagai Hadiah Nobel atau Nobel Prize

Apa itu Penghargaan Nobel, Sejarah tentang Nobel

Pemenang Hadiah Nobel Pertama kali

Hadiah Nobel pertama diberikan kepada Roentgen pada tanggal 10 Desember 1901 atas jasanya yang luar biasa dalam penelitian sinar-X. hadiah uang yang diberikan sebanyak 40.000 Dolar. Meskipun hadiah uang tidak begitu besar, namun pemenang penghargaan Nobel ini begitu dihormati dan pantas untuk dibanggakan di seluruh dunia. 

Nobel prize pertama kali Secara formal di anugrahkan oleh Raja Swedia. penganugrahan nobel setiap tahunnya sampai sekarang diselenggarakan pada Tanggal 10 Desember bertepatan dengan tanggal kematian dari Alfred Bernhard Nobel.

Hadiah Nobel diberikan oleh dewan yang disebut Nobel Foundation of Sweden. Institusi The Royal Academy of Sciences Stockholm memilih para ilmuwan terbaik setiap tahun di bidang fisika dan kimia. The Caroline Institute of Stockholm memilih orang terbaik di bidang ilmu kedokteran dan fisiologi, sedangkan Swedish Academy of Literature melakukannya untuk bidang sastra. kemudian sebuah komite yang terdiri dari lima orang yang ditunjuk oleh Parlemen Norwegia memilih orang-orang terbaik untuk Penghargaan perdamaian.

Beberapa dari banyak orang yang luar biasa di dunia yang telah menerima penghargaan Hadiah Nobel diantara Albert Einstein, George Bernard Shaw, Rabindra Nath Tagore, Sir CV Raman, Hargobind Khorana, bunda Teressa dan masih banyak lagi. untuk mengetahui lebih lanjut siapa saja yang mendapatkan penghargaan nobel silakan anda lihat di website resminya www.nobelprize.org

Orang termuda yang menerima Hadiah Nobel adalah Sir William Lawrence Bragg dari Inggris, yang menerima Hadiah Nobel untuk fisika ketika ia berusia 25. sekian pembahasan tentang Apa itu Penghargaan Nobel, Sejarah tentang Nobel baca juga artikel menarik lainnya yaitu Sejarah Penjelajahan Christopher Columbus.


Silakan tinggalkan komentar anda disini....
Tuangkan Saran, Pendapat, Penyataan maupun Pertanyaan anda...
Contact US