Vatikan, Negara Terkecil didunia


Negara Terkecil diduniaNegara berarti merupakan suatu wilayah dengan batas tetap dan memiliki sistem pemerintah sendiri. Setiap negara memiliki bendera dan sistem administrasi yang jelas. Menurut definisi ini  Vatikan adalah negara terkecil di dunia.

Vatikan adalah negara Paus, sebagai kepala pemimpin spiritual dari orang-orang Kristen Katolik. yang terletak di pusat kota Roma, ibukota Italia. Hal ini sepenuhnya di bawah kendali Paus. Ia memiliki bendera sendiri. Negara ini memiliki sistem sendiri yang independen, stasiun kereta api, telepon, dan pengaturan penyiaran. Anda akan terkejut mengetahui bahwa total, wilayah negara ini hanya 0,45 Kilometer persegi. 

Meskipun negara ini tidak memiliki sumber pendapatan mandiri, mengelola urusan dengan baik dari kontribusi yang diberikan oleh umat Katolik di seluruh dunia. Di negara inilah, tempat tinggal Paus sebuah istana yang menarik dengan taman yang indah, perpustakaan dan museum. Vatican City mempertahankan hubungan diplomatik 'dengan negara-negara lain di dunia.

Vatikan, Negara Terkecil didunia

Kisah pembentukan Vatikan sangat menarik. Selama ratusan 'tahun di masa lalu, Italia telah menjadi pusat kegiatan untuk orang-orang Kristen Katolik. Untuk waktu yang lama, Paus memiliki kontrol politik atas wilayah yang lebih besar di Italia. 

Pada tahun 1859 bagian ini dikenal sebagai 'negara Kepausan' dan pada waktu itu wilayahnya adalah enam belas ribu mil persegi. Pada tahun 1870 Roma dijadikan ibukota negara Italia dan wilayah Paus digabungkan ke dalam kerajaan Italia tanpa persetujuan nya. 

Akibatnya, hubungan antara Raja dan Paus menjadi tegang. Perbedaan ini berakhir pada tahun 1929 dengan penyelesaian antara Pemerintah Italia dan Paus dan, sebagai hasilnya, Vatikan diakui sebagai negara merdeka dan berdaulat. sekian pembahasan tentang Negara Terkecil didunia

Note : tulisan diatas tidak ada maksud apapun hanya sekedar pengetahuan saja.



Silakan tinggalkan komentar anda disini....
Tuangkan Saran, Pendapat, Penyataan maupun Pertanyaan anda...
Contact US