Apa itu Interpol, Peran, dan Sejarah Berdirinya Polisi International


Interpol adalah organisasi polisi kriminal internasional. Kata 'Interpol' berasal dari dua kata 'internasional' dan 'polisi' atau Komisi Kepolisian Internasional. Interpol adalah organisasi ketat non-politik, non-agama, non-rasial di mana pasukan polisi lebih dari seratus negara yang berbeda bekerja sama satu sama lain. Kantor pusat interpol terletak di Paris.

Tugas dari Interpol adalah untuk melacak penjahat. Menurut hukum internasional, polisi dari satu negara tidak bisa masuk ke wilayah negara lain untuk menangkap seorang penjahat yang telah melakukan kejahatan atau telah melarikan diri ke sana. Interpol membantu dalam situasi seperti ini untuk menelusuri para penjahat. Setiap negara memiliki perwakilan nya di Interpol.

Sejarah singkat pembentukan Interpol

Sejarah pembentukan interpol dimulai Setelah Perang Dunia Pertama, kejahatan meningkat pesat di Eropa, khususnya di Austria. Setelah melakukan kejahatan, penjahat yang digunakan untuk pergi ke beberapa negara tetangga dan menyembunyikan diri mereka di sana. Dalam rangka untuk menangkap penjahat tersebut, Johann Scober, Kapolres Wina, yang membuat pertemuan pejabat polisi dari berbagai negara pada tahun 1923. Saat itu di pertemuan ini ada dua puluh negara bersama-sama mendirikan Interpol. Kantor pusat pertamanya ada di Wina dan Johann menjadi presiden pertama.
Apa itu INTERPOL, dan Sejarah Berdirinya Polisi International


Pada tahun 1938 Jerman menginvasi Austria dan dengan ini masa-masa Interpol tidak berkembang. tetapi Selama Perang Dunia Kedua Interpol tetap aktif. Setelah Perang ini, Flaurent Lovagay, Inspektur Jenderal Polisi Belgia menghidupkan kembali interpol. Karena tidak tersedianya fasilitas yang diperlukan di Belgia, kantor pusat Interpol tidak bisa didirikan di sana. Paris menjadi kantor pusatnya yang baru. Pada tahun 1955, lima puluh lima negara menjadi anggota Interpol. Pada tahun 1956, Interpol diberi konstitusi baru.

Interpol membuat Penggunaan cara-cara ilmiah yang paling modern untuk menangkap penjahat. Untuk melacak dan menangkap pelaku kejahatan adalah satu-satunya fungsi organisasi ini. Hal ini tidak dapat digunakan untuk kegiatan politik, militer atau agama. itulah beberapa penjelasan singkat tentang apa itu interpol, dan apa Perannya serta bagaimana sejarah pembentukan interpol. 


Silakan tinggalkan komentar anda disini....
Tuangkan Saran, Pendapat, Penyataan maupun Pertanyaan anda...
Contact US