Bagaimana Proses Terbentuknya Embun Pagi?


Proses terbentuknya embun pagi - Anda mungkin sering melihat tetesan air air di rumput, tanaman dan pohon yang bersinar seperti mutiara di pagi hari. tetesan air ini disebut Embun. Cukup sering orang berpikir bahwa tetes embun, seperti air hujan, jatuh dari langit ke bumi pada malam hari tetapi ini tidak benar.

Tetes embun terbentuk karena kondensasi uap air. Udara di sekitar kita mengandung uap air yang kita sebut kelembaban.

Selama malam hari ketika terjadi kontak antar udara dengan beberapa permukaan yang dingin, uap air yang ada di udara menempel pada permukaan yang dingin dalam bentuk tetesan. tetesan kecil air inilah yang disebut tetes embun.

Proses terbentuknya embun pagi

Proses terbentuknya embun pagi


Proses pembentukan embun dapat dilihat dalam percobaan sederhana. Ambil gelas dan letakkan di atas meja. Sekarang taruhlah beberapa es atau air dingin di dalam gelas tersebut. Anda akan melihat bahwa setelah beberapa waktu di permukaan luar dari gelas telah muncul tetesan air kecil. Tetes air ini terbentuk oleh kondensasi uap air yang ada di udara. Persis dengan cara yang sama ketika pohon-pohon, tanaman dan rumput menjadi dingin pada malam hari.


Proses terbentuknya embun pagi juga dipengaruhi oleh suhu dan kondisi yang cukup tenang kebetulan pada malam hari ini merupakan saat yang paling tepat untuk terbentuk nya embun. udara disekitar kita mengandung uap air, namun udara juga memiliki titik jenuh menampung uap air yang kita kenal titik embun, dimana uap air yang ada di udara kembali menjadi tetesan air dan akan menempel pada permukaan yang memiliki suhu yang cukup dingin. sekian mudah-mudahan bermanfaat tentang cara pembentukan embun pagi



Silakan tinggalkan komentar anda disini....
Tuangkan Saran, Pendapat, Penyataan maupun Pertanyaan anda...
Contact US