Kenapa Rasa Air Laut Asin?


Kenapa air laut rasanya asin - semua orang juga tau air laut rasanya asin, tapi taukah anda kenapa air laut mempunyai rasa yang asin, dan kenapa air danau rasanya tawar, apa yang membuat perbedaan rasa dari keduanya. nah dari pada penasaran simak pembahasan selengkapnya.

Untuk lebih mudahnya sobat pahami terlebih dahulu siklus hujan, air hujan merupakan hasil penguapan dari laut, lalu turun didaratan kemudian dari daratan meresap kedalam tanah dan mengalir melalui sungai dan kembali lagi bermuara di laut, proses ini terus berulang-ulang seterusnya. penguapan ini juga dipengaruhi oleh suhu,  lalu apa hubungannya dengan rasa air laut.

Penyebab rasa asin air laut


Rasa asin air laut berasal dari garam mineral bumi seperti Natrium, kalium, kalsium dan lain sebagainya yang berasal dari batu-batuan dan kerak bumi yang ada dalam tanah yang dilalui air dan kemudian terbawa air pada saat kembali kelaut. berbeda dari sungai garam yang ada di dalam air sungai jumlah nya sedikit, namun jangan salah walaupun sedikit sungai mempunyai pengaruh besar terhadap rasa air laut. 

Kenapa Rasa Air Laut Asin?

Kandungan Garam yang terbawa air sungai akan menetap di laut, pada saat terjadi penguapan kembali untuk menjadi debit hujan, garam tidak ikut menguap karena yang menguap hanya H2O atau air. penguapan ini dipengaruhi oleh luasnya permukaan laut dan suhu udara. semakin luas permukaan dan semakin tinggi suhu, maka semakin besar juga proses penguapan yang terjadi. karena itu di sebagian laut seperti laut merah jumlah kadar garam disana lebih tinggi dan rasanya 9 kali lebih asin dibanding dengan laut kita. itulah yang membuat perbedaan rasa air laut suatu daerah dengan daerah lain. rata-rata kadar garam yang ada dalam laut yaitu sekitar 3,5 persen

kenapa air danau tawar dan air laut asin?


apa yang membuat perbedaan rasa antara air danau dan air laut, apa air danau tidak menguap?. air danau juga menguap seperti air laut, namun penguapan yang terjadi relative lebih kecil dibanding laut, ini dipengaruhi oleh luas permukaan danau yang memang tidak sebanding dengan luas permukaan laut, selain itu air danau juga mempunyai debit keluar masuk yang seimbang. 

air yang masuk dan yang keluar tetap sehingga tidak mempengaruhi rasa, namun jangan salah ada juga danau yang mempunyai rasa sedikit asin, ini terjadi pada danau yang mempunyai luas permukaan nya besar. atau mungkin juga di pengaruhi oleh kondisi alam sekitar. sekian mudah-mudah kawan-kawan bisa paham tentang kenapa air laut asin. Lihat juga: kenapa langit berwarna biru 



Silakan tinggalkan komentar anda disini....
Tuangkan Saran, Pendapat, Penyataan maupun Pertanyaan anda...
Contact US